Penilaian kinerja Guru(PK Guru )

Mulai tahun 2013, raport guru dinilai dengan kinerja yang telah dilakukannya, sesuai dengan PermenPAN Nomor 16 tahun 2009. serta merujuk juknis permendiknas nomor 35 tahun 2010. Kinerja guru dinilai 2kali setahun ; di awal tahun pelajaran sebagai penilaian formatif, dan diakhir tahun pelajaran sebagai penilaian sumatif. Penilaian dilakukan terhadap 4 kompetensi guru : kompetensi pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional. Dengan PK Guru itu diharapkan guru sebagai tenaga profesional dalam bidang tugasnya. Namun satu hal yang menjadi ganjalan adalah, jam mengajar yang telah ditetapkan 24 jam tatap muka per minggu. Kenyataan di lapangan , banyak guru yang tidak dapat memenuhi 24 jam mengajar akibat tiap sekolah telah jenuh dengan guru sesuai dengan bidangnya. Pertanyaan adalah, bagaimana cara menyikapi kenyataan tersebut ? Anjurannya oleh dinas pendidikan : mengajar di sekolah lain sesuai dengan bidang yang diampunya. Lagi-lagi, di sekolah lain juga telah jenuh dengan guru yang sama. Apakah tidak ada kebijakan lain ? Apakah tidak ada solusi yang lebih cerdas ? Pihak pengambil kebijakan seharusnya membuat langkah kongkrit dalam bentuk tindakan nyata yang bukan gamang. Sehingga guru memperoleh kepastian dalam pelaksanaan tugas. Mari kita tunggu !!!!!

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: